Latihan soal Uji Pengetahuan (UP) PPG Dalam Jabatan Guru Kelas

Latihan Soal UTN UMPPPG Pretest PPG 2019



1.        Menurut bentuknya, sebuah konvensi dapat dikatakan sebagai hukum, karena . . . .
a.    Konvensi merupakan hukum adat pada kelompok masyarakat tertentu
b.    Merupakan kebiasaan-kebiasaan baik dalam penyelenggaraan negara
c.    Merupakan perjanjian dua negara yang ditaati bersama sebagai hukum
d.    Kebiasaan masyarakat dapat dijadikan norma hukum kebiasaan/adat


2.        Berikut merupakan contoh pelanggaran hukum dan keadilan dalam masyarakat, yaitu . . . .
a.    Ahli waris yang tidak melaporkan kematian orang tuanya kepada dinas kependudukan
b.    Dokter ya tidak memberitahu penyakit pasiennya karena khawatir pasiennya stres
c.    Guru tidak melaksanakan pendekatan siswa aktif dalam melaksanakan pembelajaran
d.    Polisi tidak memproses pidana pengguna narkoba yang insaf meminta rehabilitas diri


3.        Menurut asas legalitas, suatu perbuatan dapat dikatakan melanggar hukum apabila. . . .
a.    Peraturan tersebut bertentangan dengan rasa keadilan dalam masyarakat
b.    Perbuatan tersebut berniat merampas hak-hak orang lain untuk dimiliki
c.    Peraturan perundang-undangan menyatakan perbuatan itu melawan hukum
d.    Kitab UU pidana dan perdata menyatakan perbuatan itu melawan hukum


4.        Identitas nasional bangsa indonesia dapat terbentuk melalui faktor utama berikut, kecuali . . .
a.    Adanya suku-suku bangsa di Indonesia yang yang bertekad bulat untuk bersatu
b.    Kehidupan beragama masyarakat indonesia yang religius, toleran, dan rukun
c.    Tantangan persaingan berbagai aspek kehidupan ipoleksosbus secara global
d.    Kekayaan ragam kebudayaan di Indonesia yang besifat harmonimultikultural

5.        Demokrasi pancasila yang dilaksanakan dengan kecerdasan dan kebijaksanaan adalah . . . .
a.    Wakil-wakil rakyatnya adalah orang-orang yang memiliki ijazah pendidikan tertinggi
b.    Perdebatan musyawarahnya rasional dan keputusannya dapat diterima semua pihak
c.    Hanya suara orang-orang cerdas dan bijaksana saja dapat diterima dalam musyawarah
d.    Ketiga pemikiran tersebut wajib dijadikan prinsip dalam melaksanakan demokrasi rakyat

6.        Faktor internal yang mempengaruhi tingkat kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat menurut Soejono Soekanto adalah . . . .
a.    Rendahnya rasa percaya diri anggota masyarakat terhadap penegak hukum
b.    Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap produk hukum negara dan isinya
c.    Tingkat religiusnya masyarakat dalam menjalankan ajaran agama yang dianut
d.    Tingkat kedewasaan masyarakat dalam menghadapi persoalan/masalah kehidupan


7.        Pada masa sidang-sidang BPUPKI, kelompok yang tidak menyetujui dimasukkannya pengaturan HAM dalam konstitusi seperti yang ditunjukkan oleh sikap Soekarno beasumsi bahwa . . . .
a.    Peraruran HAM dalam konstitusi akan akan menunjukkan Indonesia penanut liberalisme
b.    Azaz kekeluargaan dan gotong royong yang dianut Indonesia mengutamakan kewajiban
c.     Ajaran HAM yang berasal dari barat bertentangan dengan azaz gotong royong Indonesia
d.    Ketiga pemikiran tersebut menjadi dasar penolakan pengaturan HAM dalam konstitusi

8.        Manusia Indonesia yang guyub tetap menghargai hakikatnya sebagai makhluk individu. Nilai-nilai utamanya yang penting dikembangkan adalah . . . .
a.    Mendahulukan hak, menghargai kebebasan, dan mengakui perbedaan tiap orang
b.    Memberikan kemerdekaan, hak yang sama, dan mengutamakan kewajiban bermasyarakat
c.    Menghargai kedudukan, harkat, derajat, martabat, dan kemerdekaan manusia yang sama
d.    Menghormati perbedaan, kebebasan memilih, hak-hak dan kewajiban azasi manusia

9.        Ancaman bidang ideologi politik yang perlu diwaspadai bangsa Indonesia untuk menjaga ketahanan nasional Indonesia adalah . . . .
a.    Makin kuatnya tuntutan hak dan kebebasan warga negara dengan mengabaikan kewajibannya
b.    Makin kuatnya tuntutan sistem pilpres dan pilkada secara langsung oleh rakyat tanpa perwakilan
c.    Makin menguatnya usaha ekonomi individual dan melemahnya gerakan ekonomi koperasi
d.    Makin banyaknya generasi muda menyukai produk budaya kesenian dan teknologi bangsa asing

10.    Berdasarkan pancasila, pelaksanaan politik luar negeri Indonesia semestinya dikembangkan dengan prinsip . . . .
a.    Menghindarkan hubungan dan kerjasama internasional dengan negara-negara komunis
b.    Lebih berpihak kepada kepentingan negara-negara yang kerketuhanan Yang Maha Esa
c.    Berhubungan dengan semua negara dan bekerjasama dengan negara-negara demokrasi
d.    Bebas berhubungan dengan seluruh negara serta aktif menciptakan perdamaian dunia

11.    Ciri yang membedakan hukum dari norma-norma lainya adalah . . . .
a.    Berbentuk norma, peraturan, dan keputusan/ketetapan
b.    Ada sanksi terhadap pelanggaran norma-normanya
c.    Berisi norma-norma kewajiban dan larangan perbuatan
d.    Dibuat oleh badan pemerintahan yang berwenang

12.    Berikut adalah kelompok rumah adat dalam ragam pernik kebudayaan di Indonesia, yaitu . . .
a.    Honai, Tongkonan, Bola Soba, Lopo, dan Joglo
b.    Belieu, Tortor, Rokatenda, Dero, dan pangung
c.    Betang, Bidu, Bedana, Tahuyan, dan labu kayu
d.    Rumoh, tandak Sambas, Tutu Koda, dan Rambadia

13.    Bahasa dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal yang menunjukkan bahasa mewakili fungsi . . . .
a.    Instrumental
b.    Interaksional
c.    Regulatoris
d.    Personal

14.    Pilihlah sala satu jawaban di bawah ini dengan tepat!
Ini ibu mail
Mail beli pena
Mail dari kota
Solo kota mail
Mail suka bolap

Teks di atas dapat diberikan kepada siswa SD kelas 1 semester I untuk pembelajaran huruf-huruf di bawah ini, kecuali . . . .
a.    a, l, m, n
b.    u, b, l, e, t
c.    b, c, l, d, s
d.    o, d, k, p, s

15.    Tiga minggu ini hujan belum juga turun, terik matahai di siang hari sangat menyengat. Kadang-kadang terlihat awan, tetapi tiba-tiba tersapu kembali oleh angin. Tanah sawah mulia pecah-pecah. Tanaman padi daunnya mulai mengering, debu-debu di jalan beterbangan, ketika kendaraan melintas. Para petani sepertinya tahu bahwa ini suatu tanda akan datang kemarau panjang.
Gagasan utama pada paragraf di atas adalah . . . .
a.    Cuaca yang tidak menentu
b.    Tanah sawah mulai pecah-pecah
c.    Mengharap datangnya hujan
d.    Tanda datang kemarau panjang datang

16.    Anak pintar dan sabar itu sedang membaca buku
Morfem terikat morfologis yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah . . . .
a.    Anak
b.    Yang
c.    Pintar
d.    Mem-


17.    ....
Pukul delapan pagi
Di perempatan jalan
Seorang bocah delapan tahunan
Menghampiri mobil berhenti
Bernyanyi sambil bertepuk tangan
Meminta belas kasihan
Mungkin untuk sarapan pagi
Atau memang untuk penghasilan
Padahal ia seharusnya di sekolah

Karya: W.J. puspito
Tema puisi di atas adalah . . . .
a.    Kegiatan pagi hari
b.    Anak jalanan
c.    Pengamen cilik
d.    Gelandangan

18.    Guru menempelkan gambar berseri di papan tulis. Siswa menuliskan kalimat di bawah gambar. Setiap siswa membaca secara bergiliran kalimat yang telah dituliskan.kesalahan dalam kalimat saat itu didiskusikan. Siswa menuliskan kembali dalam bukunya kalimat yang benar.
Fokus kegiatan pembelajaran di atas adalah . . . .
a.    Menulis
b.    Berbicara
c.    Membaca
d.    Mendengarkan

19.    Pembelajaran berbicara perlu dilaksanakan di sekolah terutama di SD. Kalimat yang tidak mendukung pernyataan tersebut adalah . . . .
a.    Proses belajar di SD, khususnya di kelas rendah, banyak dilaksanakan secara lisan
b.    Keterampilan berbicara akan berkembang dengan baik setelah anak di SLTP
c.    Keterampilan berbicara didukung oleh keterampilan menyimak, membaca, dan menulis
d.    Keterampilan berbicara memerlukan praktik

20.    Susunlah kalimat berikut menjadi paragraf yang baik!
1)   pagi hari yang cerah itu dikejutkan oleh pekikan keras seorang wanita.
2)   Mobil yang dikendarai pemuda itu melarikan diri tanpa menghiraukan korbannya.
3)   Hari baru pukul 7 pagi
4)   Tenyata ada mobil menabrak seorang nenek

a.       (1) (3) (2) (4)
b.      (1) (3) (4) (2)
c.       (3) (1) (4) (2)
d.      (3) (1) (2) (4)

21.    Ujaran manusia dapat dikatakan sebagai bahasa apabila ujaran tesebut mengandung . . . .
a.    Intonasi
b.    Makna
c.    Nada
d.    Jeda

22.    Kalimat majemuk bertingkat terdapat pada kalimat . . . .
a.    Pak tani memberantas hama padi dengan racun
b.    Warga kampung itu banyak yang miskin, tetapi rukun
c.    Warga indonesia banyak yang terserang virus flu burung
d.    Akibat virus SARS mewabah, kegiatan pariwisata terganggu

23.    Anisa anak terpandai di kelasnya. Ia humoris dan mudah tertawa. Segala kesulitan muda teratasi olehnya. Anisa mempunyai hobi membaca. Ia mempunyai koleksi buku bacaan yang cukup banyak. Aku pun sering meminjamnya. Bukunya kemarin terbawa saya. Aku lupa mengembalikannya.
Imbuhan ter-yang bermakna paling pada paragraf di atas terdapat dalam kalimat . . . .
a.    Anisa anak terpandai di kelasnya
b.    Ia humoris dan mudah tertawa
c.    Segala kesulitan muda teratasi olehnya
d.    Bukunya kemarin terbawa saya

24.    Ciri struktur bahasa Indonesia baku ditunjukkan pada kalimat . . . .
a.    Dia punya anak sudah duduk di kelas II SD
b.    Cuma dia yang selalu ada dalam pikirannya
c.    Ia lempar anjing gila yang lewat di depan rumahnya
d.    Dia sudah mampu berjalan dengan sempurna setelah diopname di rumah sakit


25.    Dalam interaksi manusia dan lingkungannya manusia menempati positif dominan, bahkan karena ulah manusia mengakibatkan keseimbangan lingkungan menjadi rusak, artinya lingkungan menjadi tidak seimbang jika  . . . .
a.    Terjadi kematian makhuk hidup
b.    Terjadi perubahan yang melebihi daya dukung dan daya pentingnya
c.    Terjadi perubahan yang tidak melebihi daya dukung dan daya pentingnya
d.    Terjadi pertambahan populasi tumbuhan, hewan, dan manusia

26.    Pada jenjang sekolah dasar, siswa harus diperkenalkan pada nilai-nilai dan sikap yang baik, karena nilai tersebut yang menjadi landasan dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Penanaman nilai tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan . . . .
a.    Mengunjungi musium dan tempat-tempat bersejarah
b.    Mendiskusikan masalah sosial di linkungannya
c.    Mengidentifikasi nilai dan sikap yang harus dikembangkan
d.    Menerapkan hasil temuan dalam konteks yang berbeda

27.    Masuknya pengaruh agama dan kebudayaan hindu budha membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan bagi bangsa indonesia, salah satu adalah pengaruh di bidang sosial berupa . . . .
a.    Pembagian kerja dalam masyarakat
b.    Pembagian lahan pertanian dalam masyarakat
c.    Pembagian harta/kekayaan dalam masyarakat
d.    Penelompokan masyarakat berdasarkan tingkatan kehidupan

28.    Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)   Indonesia sebenarnya adalah negara yang kaya
2)   Indonesia merupakan negara kepulauan
3)   Warga miskin di Indonesia jumlahnya semakin banyak
4)   Gunung merapi adalah gunung berapi
5)   Matahari merupakan pusat tata surya
Dari pernyataan di atas, yang termasuk fakta adalah . . . .
a.    1, 2, dan 3
b.    2,3, dan 4
c.    2,3, dan 5
d.    2, 4, dan 5

29.    Seseorang dapat dikategorikan berhasil beradaptasi dengan lingkungannya, apabila . . . .
a.    Menyadari siapa dirinya yang sebenarnya dan mampu betindak secara objektif sesuai dengan kondisi dirinya
b.    Menyadari bahwa dirinya adalah kaum intelektual harus tampil sebagai agen perubahan untuk mengubah cara berpikir yang irasional
c. Merasa kecewa karena merasa tidak mampu mengikuti aturan-aturan yang berlaku di lingkungannya
d. Merasa rendah diri karena warga di lingkungannya tingkat perekonomiannya lebuh dari dirinya

30.    Perhatikan, amati, dan hayati kota kabupaten tempat tinggal anda. Anda dapat mengevaluasi perkembangan kota dari waktu ke waktu. Misalnya area atau kawasannya yang semakin meluas, pemukiman penduduk, sekolah, pasar, jaringan komunikasi dan transportasi. Selanjutnya anda dapat memprediksi bahwa kota kecil itu akan menjadi besar, jumlah penduduk bertambah, pemukiman berubah, dan kemungkinan terjadi urbanisasi. Dengan melakukan pengamatan dan penghayatan tersebut, jika dilihat dari sudut keruangan, anda telah melakukan kegiatan . . . .
a.    Perspektif lokal
b.    Perspektif regional
c.    Perspektif nasional
d.    Perspektif global


COMMENTS

Name

Berita,12,bilangan bulat,1,cpns,3,Guru,2,guru honorer,6,honorer,3,honorer cimahi,1,honorer negeri,1,hukum,5,Info guru,8,ipa,1,ips,1,kelas 4,1,kelas 6,3,matematika,1,materi,3,materi pelajaran,2,materi ppg,1,Opini,6,PKB,1,PKP,3,PPG,9,soal,3,soal ppg,7,try out,1,tutorial,2,UMPPPG,5,utama,1,
ltr
item
GuruHonorer.id: Latihan soal Uji Pengetahuan (UP) PPG Dalam Jabatan Guru Kelas
Latihan soal Uji Pengetahuan (UP) PPG Dalam Jabatan Guru Kelas
Latihan Soal UTN UMPPPG Pretest PPG 2019
https://1.bp.blogspot.com/-OCXLu_PGQAQ/XZVKfWoWMPI/AAAAAAAAPTc/kJGZkn03UWEq7VM8MmC0N6ys7M_PIhNjgCEwYBhgL/s320/latihan%2Bsoal%2Bppg.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OCXLu_PGQAQ/XZVKfWoWMPI/AAAAAAAAPTc/kJGZkn03UWEq7VM8MmC0N6ys7M_PIhNjgCEwYBhgL/s72-c/latihan%2Bsoal%2Bppg.jpg
GuruHonorer.id
https://www.guruhonorer.id/2019/10/latihan-soal-utn-umpppg.html
https://www.guruhonorer.id/
https://www.guruhonorer.id/
https://www.guruhonorer.id/2019/10/latihan-soal-utn-umpppg.html
true
1336093035513538461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy